informasi

Kawah Bromo | Menaiki 256 anak tangga

Kawah Bromo | Menaiki 256 anak tangga

Kawah bromo menjadi lokasi tujuan kedua terpopuler setelah penanjakan 1 gunung bromo. Kawah Gunung bromo masih aktif dan berada diantara beberapa gunung yaitu gunung semeru, gunung batok dan bukit bukit. destinasi ini sangat dikenal karena terdapat pura yang dikenal dengan nama pura poten. Pura ini sering dijadikan lokasi berlangsungnya kegaitana adat suku tengger. Kawah bromo dan pura poten hanya berjarak 2 km. ketinggiannya berapa mdpl? Ketinggian nya menurut wikipedia adalah 2329 m dan memiliki jari jari dari pusat yaitu selebar 4 km. Menurut sejarah kawah gunung bromo telah meletus diabad 20 dan 21 dengan interval waktu letusan yang teratur diangka 30 tahun. Kondisinya sekarang sedikit berbeda karena setelah bromo mengeluarkan abu vulkanik membuat tangga untuk naik semakin berkurang.

Perjalanan kesana sangatlah mudah. Anda bisa memulainya setelah melihat sunrise bromo, yaitu dengan melewati pura luhur poten dengan berjalan kaki atau menunggang kuda. Naik ke atas dari pura luhur poten sekitar 2 km dan selepas itu harus naik tangga sekitar 238 anak tangga. Suhu di puncak relatif panas karena lokasi wisata kawah gunung bromo ini biasa dikunjungi menjelang siang hari. Untuk pengunjung, suasananya sangat sejuk walaupun ada bau khas belerang dan view yang ditawarkan sangat menarik apabila dilihat dari puncak.

foto kawah gunung bromo, gambar kawah gunung bromo, jalan ke kawah bromo, kawah bromo adalah, kawah bromo berapa mdpl, kawah bromo dan pura luhur poten, kawah bromo dimana, kawah bromo malang, kawah bromo meletus, kawah bromo wikipedia, kawah di bromo, kedalaman kawah gunung bromo, ketinggian kawah gunung bromo, kondisi kawah bromo sekarang, naik kawah bromo, naik ke kawah bromo, perjalanan ke kawah bromo, sejarah kawah gunung bromo, suasana di kawah bromo, suhu di kawah bromo, pura luhur poten gunung bromo, sejarah pura luhur poten gunung bromo, sejarah pura poten bromo, wisata kawah gunung bromo

Sejarah kawah bromo dinilai sangat kental dengan adat suku tengger. Konon menurut sejarah kawah ini dibentuk dari letusan gunung tengger yang menjadi gunung tertinggi dan terbesar pada saat itu yaitu dengan ketinggian 4000 mdpl. letusan yang dahsyat mengakibatkan terbentuknya kaldera hamparan lautan pasir. Dalam kegiatan nya suku tengger dinilai sangat unik yaitu membuang sesajen ke dalam kawah pada saat hari raya yadnya kasada yaitu bulan ke sepuluh pada tanggalan tengger. Peringatan ini dilakukan selama 1 tahun sekali sekaligus pemilihan dukut pemangku adat di kawasan desa tengger dan dilaksanakan di pura poten gunung bromo.

Informasi ini didukung oleh perusahaan CV. Huni Raya Group yang merupakan perusahaan Tour & Travel terpercaya yang sudah melayani ratusan Trip ke bromo. Salam PusatWisataBromo.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *